Minggu, 06 Januari 2019

NEFRITIS

NEFRITIS 




Ginjal Anda adalah filter tubuh Anda. Kedua organ berbentuk kacang ini adalah sistem pembuangan limbah yang canggih. Ginjal memproses 200 liter darah per hari dan mengeluarkan 2 liter produk limbah dan kelebihan air.

Nefritis terjadi saat ginjal tiba-tiba menjadi meradang. Nefritis akut memiliki beberapa penyebab, dan pada akhirnya dapat menyebabkan gagal ginjal jika tidak diobati.

JENIS NEFRITIS

Ada beberapa jenis nefritis :

- Nefritis Interstisial
Pada interstisial nefritis, ruang antara tubulus ginjal menjadi meradang. Peradangan ini menyebabkan ginjal membengkak.

- Pyelonefritis
Pyelonephritis adalah radang ginjal, biasanya karena infeksi bakteri. Pada sebagian besar kasus, infeksi dimulai di dalam kandung kemih dan kemudian pindah ke ureter dan masuk ke dalam ginjal. Ureter adalah dua tabung yang mengangkut urin dari masing-masing ginjal ke kandung kemih.

- Glomerulonefritis
Jenis nefritis akut ini menghasilkan radang di glomeruli. Ada jutaan kapiler di dalam setiap ginjal. Glomeruli adalah kelompok kecil kapiler yang mengangkut darah dan berperilaku sebagai unit penyaringan. Glomeruli yang rusak dan meradang mungkin tidak menyaring darah dengan benar.

PENYEBAB NEFRITIS

Setelah mengetahui apa itu nefritis, kini saatnya menjelaskan jenis nefritis.

- Nefritis Interstisial

Jenis ini sering berawal dari reaksi alergi terhadap obat atau antibiotik. Reaksi alergi adalah reaksi langsung tubuh terhadap zat asing. Dokter Anda mungkin telah meresepkan obat untuk membantu Anda, namun tubuh memandangnya sebagai zat berbahaya. Hal ini membuat tubuh menyerang dirinya sendiri, mengakibatkan radang.

Kalium rendah dalam darah Anda adalah penyebab nefritis interstisial lainnya. Kalium adalah mineral yang membantu mengatur banyak fungsi dalam tubuh, termasuk detak jantung dan metabolisme.

Mengambil obat untuk jangka waktu yang lama dapat merusak jaringan ginjal dan menyebabkan nefritis interstisial.

- Pyelonefritis
Sebagian besar kasus pyelonephritis terjadi akibat infeksi bakteri Escherichia coli (E.coli). Jenis bakteri ini terutama ditemukan di usus besar dan diekskresikan di tinja Anda. Bakteri dapat berjalan dari uretra ke kandung kemih dan ginjal, mengakibatkan pielonefritis.

Meskipun infeksi bakteri adalah penyebab utama pielonefritis, kemungkinan penyebab lain meliputi:

1. Pemeriksaan urin yang menggunakan cystoscope, instrumen yang terlihat di dalam kandung kemih
2. Operasi kandung kemih, ginjal, atau ureter
3. Pembentukan batu ginjal, yang merupakan formasi mirip batuan yang terdiri dari mineral dan bahan buangan lainnya

- Glomerulonefritis
Penyebab utama infeksi ginjal jenis ini tidak diketahui. Namun, beberapa kondisi dapat mendorong infeksi, termasuk:

1. Masalah pada sistem kekebalan tubuh
2. Sejarah kanker
3. Abses yang pecah dan masuk ke ginjal Anda melalui darah Anda

Apa Gejala Nefritis?

Gejala Anda akan bervariasi tergantung dari jenis nefritis akut yang Anda miliki. Gejala yang paling umum dari ketiga tipe nefritis akut adalah:
• Nyeri di panggul
• Rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil
• Sering buang air kecil
• Air kencing mendung
• Darah atau nanah dalam urin
• Sakit di daerah ginjal atau perut
• Bengkak pada tubuh, umumnya di wajah, kaki, dan kaki
• Muntah
• demam
• tekanan darah tinggi

Mengobati Nefritis

Pengobatan untuk glomerulonefritis dan nefritis interstisial mungkin memerlukan penanganan kondisi mendasar yang menyebabkan masalah. Misalnya, jika obat yang Anda minum menyebabkan masalah ginjal, dokter mungkin meresepkan obat alternatif.

• Obat-obatan
Seorang dokter biasanya akan meresepkan antibiotik untuk mengobati infeksi ginjal. Jika infeksi Anda sangat serius, Anda mungkin memerlukan antibiotik intravena (IV) di dalam rawat inap di rumah sakit.

Antibiotik IV cenderung bekerja lebih cepat daripada antibiotik dalam bentuk pil. Infeksi seperti pielonefritis dapat menyebabkan rasa sakit yang parah. Dokter Anda mungkin meresepkan obat untuk menghilangkan rasa sakit saat Anda sembuh. Jika ginjal Anda sangat meradang, dokter mungkin meresepkan kortikosteroid.

• Suplemen
Bila ginjal Anda tidak berfungsi juga, itu bisa berdampak pada keseimbangan elektrolit di tubuh Anda. Elektrolit, seperti potassium, sodium, dan magnesium, bertanggung jawab untuk menciptakan reaksi kimia dalam tubuh.

Jika kadar elektrolit Anda terlalu tinggi, dokter Anda mungkin meresepkan cairan infus untuk mendorong ginjal Anda melepaskan elektrolit ekstra. Jika elektrolit Anda rendah, Anda mungkin perlu mengkonsumsi suplemen. Ini bisa termasuk pil kalium atau fosfor. Namun, Anda sebaiknya tidak mengkonsumsi suplemen tanpa persetujuan dan rekomendasi dokter Anda.

• Dialisis
Jika fungsi ginjal Anda terganggu secara signifikan karena infeksi Anda, Anda mungkin memerlukan dialisis. Ini adalah proses di mana mesin khusus bertindak seperti ginjal buatan. Dialisis mungkin merupakan kebutuhan sementara. Namun, jika ginjal Anda mengalami terlalu banyak kerusakan, Anda mungkin memerlukan dialisis secara permanen.

• Perawatan rumah
Bila Anda mengalami nefritis, tubuh Anda membutuhkan waktu dan energi untuk menyembuhkan. Dokter Anda mungkin akan merekomendasikan istirahat selama pemulihan Anda. Dokter Anda mungkin juga menyarankan Anda untuk meningkatkan asupan cairan Anda untuk mencegah dehidrasi dan menjaga agar penyaringan ginjal melepaskan produk limbah.









SUMBER: https://www.kaskus.co.id/thread/5922986cddd77094338b4568/apa-itu-nefritis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar